Friday, April 1, 2011

Fakultas Favorit di ITB

Inilah Fakultas Favorit di ITB

Iman Herdiana - Okezone
Selasa, 29 Maret 2011 - 10:48 wib
Rektor ITB Prof Akhmaloka Ph.D. (Foto : Sindo)
Rektor ITB Prof Akhmaloka Ph.D. (Foto : Sindo)
BANDUNG - Menjelang tahun ajaran baru, calon mahasiswa biasanya kebingungan menentukan fakultas yang akan dipilih. Bagi peminat teknik, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kampus favorit. Lalu fakultas apa saja yang paling tinggi peminatnya di Kampus Ganesha ini?

Rektor ITB Akhmaloka menyebutkan, ITB memiliki tiga fakultas yang tiap tahunnya selalu jadi favorit mahasiswa, yaitu Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Quota tiga masing-masing fakultas ini sebanyak 300 kursi per-tahun.

"Tiap tahunnya, tiga fakultas ini selalu papan atas, banyak diminati. Selain itu pasinggrade-nya juga paling tinggi," terang Akhmaloka, kepada okezone, di ITB, Bandung, Jawa Barat, (29/3/2011).

Banyak perusahaan yang minat pada lulusan fakultas ini. Bahkan banyak juga yang mengikatnya sebelum lulus. Misalnya perusahaan perminyakan dan pertambangan nasional dan internasional yang biasa memberi beasiswa di beberapa semester sebelum mahasiswa lulus. Setelah itu, mereka diminta kerja.

"Dan yang begitu banyak sekali, tidak hanya di FTTM tetapi juga di beberapa jurusan lainnya biasa diminta sebelum lulus," tuturnya.

Dia menyebutkan, 70 persen lulusan ITB langsung kerja di perusahaan swasta atau industri. Sisanya di tempat lain seperti instansi, melanjutkan S2, atau PNS.

FTTM, kata Akhmaloka, diminati karena teknologi tambang minyaknya. Saat ini eksplorasi minyak di dalam dan luar negeri tengah digalakkan. "Perusahaan asing seperti Petronas (Malaysia) itu banyak minta (SDM) ke kita," sebutnya.(rhs)

No comments:

Post a Comment